Selamat Datang dan Terima Kasih Telah Berkunjung di Blog Rekam Jejak Kawula, berisikan muatan kisah dan gagasan dari pribadi saya, Makmun Aryadi
  • Launching Majalah SHIMA Edisi XI, Juni 2012
  • Launching Majalah SHIMA Edisi XI, Juni 2012
  • Launching secara simbolik Majalah SHIMA Edisi XI, Juni 2012 oleh Mayadina Rahma Mushfiroh, S.Hi., MA. (Pembantu Dekan III)dengan Makmun Aryadi(Pimpinan Umum Bursa 2011-2012)
  • Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) adalah kampus tertua di Jepara. Berdiri sejak 1989 M
  • Makmun Aryadi
  • Ngobrol bersama Hubeb Muhajir (PU LPM Paradigma Kudus 2011-2012 dan M. Iqbal Arifin)
  • Berjabat tangan dengan Dedi Merisa, S.Hi, Pimpinan Redaksi LPM Bursa 2006-2007
  • ngobrol dengan Hasyim, S.Pd (Kaur DISNAKERTRANS Jepara)
  • Berjabat tangan dengan M. Ali Burhan (PU LPM Bursa 2006-2008)
  • Launching SHIMA Edisi X, Januari 2012 secara simbolik oleh Drs. KH. A. Bahrowi, TM., M.Ag
  • Di sela-sela kepadatan Lay out, santai dulu
  • Potong Tumpeng sebagai simbol di launchingnya SHIMA Edisi X, Januari 2012
  • Menengadah, yakin bahwa sukses itu pasti datang

Sabtu, 22 Desember 2012

FKPT Ke VI Rumuskan Basis

FKPT Ke VI Rumuskan Basis

Tanjung - Dalam pertemuan FKPT (Forum Komisariat Pantura Timur) Ke VI di Jati Karang Tanjung Kudus kemarin (4-5/11) sebagai lanjutan dari gagasan pada pertemuan di Cepu sebelumnya merumuskan Pelatihan Basis.

Forum Komisariat (FORKOM) Pantura Timur kembali mengadakan pertemuan, tepatnya PMII Komisariat Sunan Kudus STAIN Kudus sebagai tuan rumah penyelenggara. Forum ini semula didirikan bersama sebagai jawaban atas kegelisahan koordinasi komisariat-komisariat di jawa tengah, lebih-lebih  Ex-Karesidenan Pati. Forum ini diharapkan mampu merekatkan hubungan masing-masing komisariat, tukar informasi dan membahas langkah-langkah, mulai dari sistem pengkaderan, internal komisariat sampai pada masalah eksternal.

Dalam acara yang dimulai pukul 20.00-2.00 WIB di Kudus kemarin, setelah di Demak, Blora, Grobogan, Pati dan Cepu, berhasil merumuskan beberapa item kesepakatan bersama, berupa:

1.    Penguatan koordinasi antar Komisariat,
2.    Merekatkan hubungan antar Komisariat di masing-masing kota dan khususnya forum ini,
3.    Merumuskan Pelatihan Basis sebagai hasil rekomendasi dari FORKOM V di Cepu.

Setelah merumuskan beberapa item tersebut, selanjutnya pembahasan difokuskan pada konsepsi pelatihan basis. Dalam forum yang dipimpin sahabat Sidiq (Ketua Komisariat Sunan Kudus)  selaku tuan rumah memilih Jepara sebagai tuan rumah pelatihan kader mu’taqid ini.

“Pelatihan basis yang akan dilaksanakan di Jepara nanti mencoba mengangkat nuansa baru, yakni penguatan pada sisi religiuitas (Aswaja-red) sebagai upaya penguatan spiritual dari masalah klasik yang menjadi kebutuhan kader-kader PMII di pantura timur dan lebih cocok ketika dinamakan Pelatihan Basis ala Pantura Timur (dalam hal ini Jepara - red)” kata Muhlisin Ketua PMII Komisariat Ratu Kalinyamat INISNU Jepara.

“Sebelum ini, pelatihan basis yang diadakan lebih menekankan pada penguatan sisi ideologi seperti yang sering dilaksanakan oleh komisariat-komisariat di cilacap, yogyakarta dan sekitarnya. Maka terkesan aneh pelatihan nanti” tambah Otong – sapaan Muhlisin-.

Terobosan Baru

Sebagai hasil ijtihad, pelatihan yang akan memuat materi-materi Aswaja nanti mencoba menguatkan daya spiritual kita dalam memahami PMII, public, dan sosial kemasyarakatan. Pemateri-pemateri yang akan dihadirkan sebagai pemandu juga minimal lulusan S2 dan berkompenten pada bidang ini. Juga moderator dan pandampingnya – dalam rencana – minimal dari S1. Dari sisi peserta, lulus PKD adalah prioritas dan masing-masing komisariat mengirimkan 5 delegasi.

Hal ini menjadi bukti kesungguh-sungguhan komisariat-komisariat pantura timur dalam mengelola kaderisasinya. Adapun tanggal dan waktunya segera akan diinformasikan menunggu hasil keputusan pada pertemuan ketua-ketua komisariat nanti di Jepara.[ar/sk]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar